Tuesday, October 30, 2007

Menentukan harga jual cd saya

Saya tadi meeting dengan satu pihak, untuk menentukan harga jual cd. Saya memang tidak mau mahal-mahal. Saya ingin masyarakat bisa menikmati hasil kerja saya, mampu membeli musik saya. Saya berpendapat, siapapun berhak menikmati musik saya. Saya ingin bisa membagi kebahagiaan ke masyarakat, melalui musik saya. Saya ingin memberikan inspirasi dan kekuatan, dari musik saya. Saya ingin, musik saya jadi sinar di hati siapapun, terlebih jika bisa memberi arti dan mempengaruhi kehidupan pendengarnya.

Di satu sisi, saya ingin profesi dan hasil intelektual saya dan team saya, dihargai. Terlalu murah pun tidak baik. Terlalu murah malah juga bisa jadi tidak mendidik masyarakat, akhirnya karya yang dibuat secara profesional, kerja yang dilakukan dengan pengetahuan, skill, modal dan jam terbang tinggi, malah akan dihargai minim. Masyarakat jadi tidak tahu apa-apa tentang berapa banyak modal, persyaratan produksi dan kerja profesional yang dibutuhkan dalam membuat musik. Musik itu bukan hanya sekedar genjrang-genjreng. Musik adalah sebuah bidang, dan musisi adalah sebuah profesi, dimana profesionalisme-nya sama seperti bidang lain.

Saya, sejauh ini saya melangkah, ingin memajukan apresiasi musik masyrakat, ingin memajukan musik Indonesia, ingin memberi masyarakat musik yang berkualitas, dan ingin mengangkat derajat musisi di industry musik, maupun pandangan terhadap musik dan musisi dimata masyakarat, juga mengangkat musik Indonesia ke dunia internasional. Mengangkat kredibilitas musisi Indonesia di mata international, dan ini untuk semua musisi, khususnya instrumentalist.
Jadi harga, adalah sesuatu yg penting. Kembali lagi, harga, bukanlah sekedar mengenai uang. Buat saya, harga, adalah sejauh mana sesuatu layak dinilai. Ini mengenai nilai, yang tentunya kembali berkaitan dengan banyak hal.
Jadi itulah semua pertimbangan saya terhadap penentuan harga cd saya nantinya. Kadang ada yang berjalan lebih cepat dari logika, yaitu instinct..dan jujur aja, sekarang ini instinct saya banyak berbicara.

Jadi, malam ini, harga cd saya sudah di putuskan. Berapa? Masih rahasia dooong:) (sebaiknya sekarang ini belum saya cerita'in...he...he...he..)

21 comments:

Anonymous said...

Berapa sich harganya????
ya udah...
kalau masih rahasia, ntar kabari aku lewat email aja yach.... biar cuma kita yang tau....
hehehehehehehehehe
pi don't wory, aku pasti beli yang asli kok.... bukan bajakan...
#STOP PEMBAJAKAN# lho kok kampanye?

Anonymous said...

harga buatku bukan masalah pasti aku beli cd-nya asal tidak mahal...:)

Maylaffayza said...

To Goject & Dardiri: thanks loh supportnya. Aku suka gemes bagaimana orang2 menganggap kerja musisi santai2. Di Indonesia, pengetahuan masyarakat mengenai profesi musisi masih sangat rendah, padahal profesi ini sama dengan semua orang 'kantoran'. Dan harus dihargai secara profesional, bukan gratisan, atau digampang2in, karena kerjanya, skill nya, profesionalismenya, sama dengan semua profesi lain.

Anonymous said...

Mbak May.. seneng baca kalau harga sudah diputusin.. bentar lagi bisa ditemuin di disctarra ya..
CDnya dijual ke LN juga ga?
Semangat terus ya..

Eh aku link ya mbak blog nya..

Unknown said...

semahal apa pun aku beli! hehehe...

Unknown said...

btw, radiohead ngluarin album baru setelah 5 tahun ga kedengeran. cara penjualan mereka sangat menarik. salah satunya dengan cara download dan harganya semau pembeli.

berita selanjutnya baca disini:
http://www.antimusic.com/news/07/oct/02Radiohead_Offer_CD_Free.shtml

i'm not saying you should do the same. just sharing an interesting fact.

Maylaffayza said...

Hi Novi:) thank you yach, you are my number one friend, and my number one supporter:) Iya, Radiohead kemarin2 sempat kubahas juga dengan salah satu rekanku, mereka mempunyai nama besar sehingga bisa melakukan hal seunik itu:) Memang idenya unik banget. I will click your link:)thanks yach!

Maylaffayza said...

To sakuranlady: iya, aduh sabar yach...pokoknya ikutin aja ceritanya.)Oh, iya aku akan jual keluar negeri juga,mungkin untuk awal memakai jaringan digital distribution, seperti Itunes:) Bentuk kerjasamanya akan di rapihin satu-satu:)

Anonymous said...

Pesan 1 spesial diskon ya Mbak, saya belum punya 1 pun album Mbak. Jadi pengen punya ... diskon khususya... buat pengemar baru nih ... :)
(mudah-mudahan dikasih ya ... amin)

Anonymous said...

Mba..

mba kan backgroundnya teknik, design product ya..Udah pernah di aplikasikan belum pelajaran kuliahnya ? Tapi saya seneng kok liat mba maen violin..goodluck albumnya

http://manufacturvirus.wordpress.com

Maylaffayza said...

Untuk Tedi,saya juga senang kalau Tedi seneng:) Background saya design produk industry. Ilmu yang saya pelajari, saya pakai dalam merancang Maylaffayza sebagai brand. Mulai dari marketnya siapa, konsumennya siapa, umur berapa, life style mereka seperti apa, karakter design nya seperti apa, karakter sound dan lainnya seperti apa, psikologi konsumennya seperti apa, siapa dan dimana saja konsumen akan menggunakan produk Maylaffayza (jika kita menganggap ini adalah brand dari sebuah produk. Dalam hal ini produk dari Maylaffayza adalah : performance dan album). Lalu campaignnya seperti apa, approach ke masyarakatnya seperti apa.Why, how, where, when, what, semua dipakai. Semua element yang tadi saya sebutitu ada dalam ilmu design, justru di lapangannya prakteknya semakin luas namun tajam.Selama saya menjalani karir saya di showbiz selama 7 tahun ini, semua ilmu itu saya aplikasikan, dan harus kreatif mengaplikasikannya, dan ditambah dengan ilmu dalam business dan marketing. Voila!)

Maylaffayza said...

To Djoko, terimakasih supportnya loh. Ini memang album pertama saya kok:)

timmyguy said...

hemm good luck deh Fay...
I know your story and I can imagine how difficult to build your product and brand since I helped my friend in concepting his band image etc.....
keep fighting.....

RMS Noor HPD said...

Hi, Maylaffayza (sounds like My-Love-Fayza xixixi). Waiting your album to be published. And wait for 'em in me favorite music store : iTunes hehehe.

You are good at setting your industrial product design. Looking forward if we can work together sometime in the future, (maybe as the soundtrack or OST of me games)

Gambatte Kudasai 頑張ってください(GOOD LUCK!)

beLLboy said...

Seringai bisa menjual CD albumnya seharga 25ribu rupiah.
harga yang sangat murah,meski gua nggak abis pikir itung2annya kyk gmana...
could you do that?

Maylaffayza said...

To Adit: wah gak tau ya, karena ada banyak hal terkait di dalamnya sih. Mungkin produksinya memang murah, atau sponsornya mungkin banyak. Mungkin juga pangsa pasarnya lebar, jadi mereka berani bikin harga sekian. Mungkin mereka mempunyai suatu program kerja yang panjang, sehingga ini adalah langkah awal dari sekian panjang impact yang mereka perhitungkan. Banyak sekali faktornya..

Anonymous said...

Ntar gua beli deh CD bajakannya di glodok, he he...

Sakmaidikplis said...

Coba deh jual dng harga Rp 10.000 niscaya orang gak akan beli bajakannya !

masdoy said...

buat pengunjung blog maylaffaiyza di gratisin aja hehehe...

Imansyah said...

Dengan semakin populer Anda, rasanya peluang untuk masuknya sponsor baru harusnya sih cukup besar ya? Ya, para pendengar sih pastinya berharap harga jual CD nya terjangkau.

Ya, saya juga kaget waktu bisa membeli CD Ten2Five "3" seharga 25.000. Tapi, sayangnya covernya sangat minim sekali. Semoga kemasan CD Anda akan lebih apik, dan mencerminkan kekayaan melodi di dalamnya.

Anonymous said...

Good words.