Monday, December 24, 2007

Diplomasi atau meyembunyikan keadaan yang sebenarnya?


Kadang kita sering menghadapi jawaban yang sifatnya gantung, ngambang. Jawaban yang gak menjawab pertanyaan kita. Buat saya, itu gak oke. Terutama jika itu menyangkut hal yang penting apakah itu dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari. Mungkin saya membahas lingkup yang lebih sempit contohnya untuk pekerjaan. Menurut hemat saya, dalam pekerjaan atau bermitra, demi kejelasan kerja, semua pertanyaan harus di jawab dengan benar, bukan di samarkan, bukan di jawab menggantung. Dengan menjawab pertanyaan dengan benar, kita bisa menghindari kesalahan-kesalahan dalam bekerja, entah itu dalam negosiasi atau dalam dealing berbagai hal, maupun dalam memproses kerjaan tersebut. Intinya kan satu: kita ingin membuat pekerjaan kita sukses. Dan untuk itu, menyamarkan sebuah jawaban itu bisa membuat mitra kerja jadi berasumsi. Dan asumsi itu kebanyakan tidak tepatnya. Jadi kalau buat saya,walaupun berdiplomasi itu penting, tapi ada etika kerja yang lebih penting lagi diatasnya: untuk membuat kerja yang sedang berjalan menjadi jelas dan berjalan dengan baik. Bukan untuk membuat pihak manapun jadi tidak jelas.

Kalau sudah terlalu banyak berdiplomasi tapi pertanyaan kita tak kunjung terjawab, ya pasti ada apa-apa. Mungkin itulah pertanyaan kita tak kunjung dijawab..ya karena ada apa-apa. Bisa jadi kalimat jawaban di manipulasi menjadi white lie..kalau buat saya kesimpulannya: pasti ada yang belum berjalan ..atau bahkan ada yang gak beres.
Mustinya sih..jawab aja yang jujur, jadi mitra, partner atau siapapun jadi tahu jelas posisinya.
Kita kan maunya menciptakan proses kerja dengan hasil yang baik, dan itu yang musti di ingat.

4 comments:

Anonymous said...

Betul mba, ketegasan & kejelasan itu penting dalam segala hal :)

Puputse said...

iya juga sie kak. yang enak sie kalo mereka mengaku punya kekurangan dan butuh kerjasama yg lebih. tapi mana mau mereka kan usaha kerja cari uang. pastinya mereka akan trus berdiplomasi. walaupun sbenernya mereka tahu kalau kakak tahu bahwa mereka nyembunyiin sesuatu.
dan kakakpun jg tahu kalau mereka tahu kalau kakak tahu mereka sembunyikan sesuatu.
hihihi

Anonymous said...

berhubungan dgn album barukah?

Dardiri said...

mungkin ini akibat budaya kita yang suka dengan penghalusan gaya bahasa sehingga kita lebih suka dianggap sopan dengan tidak mengatakan sesuatu secara jelas dan gamblang karena khawatir orang yang kita ajak bicara akan tersinggung.
padahal hal ini bisa menimbulkan presepsi yang berbeda dan terjadinya miskomunikasi