Saturday, December 29, 2007

Apa arti bodoh?

Ijinkan saya dengan segala kerendahan hati saya, di penghujung tahun ini, untuk membahas kata bodoh.

Kebodohan di mata saya, bukan ketidak tahuan. Bodoh adalah ignorance. Sementara ketidak tahuan justru tidak apa-apa, selama memang setelah itu belajar hingga menjadi tahu (tapi kalau ketidak tahuan menjadi perulangan kesalahan yang sama, maka kemudian ketidak tahuan berubah menjadi 'kebodohan'. Do you get my point?). Bodoh adalah kata negatif yang digunakan atas sesuatu yang semena-mena/ ignorant , takabur, result dari sebuah aksi yang menggampangkan sebuah konteks. Bodoh itu bukan khilaf. Khilaf itu tidak sengaja (tapi kalau khilaf melulu ya itu jadi sengaja) . Bodoh itu sengaja. Namun kalau sesuatu yang terlihat bodoh itu ternyata tidak sengaja atau menjadi nasib hidup , maka saya akan menyebutnya 'tertinggal', 'terbelakang'..atau 'memiliki sebuah standard yang dibawah rata-rata", (tapi bukan bodoh) , ini sebuah pengertian yang objective tanpa penekanan negatif. Sementara bodoh konotasinya negatif. Dan jika kita sadar, memang selalu dipakai dalam konteks negatif, tidak jarang di lengkapi dengan intonasi pengucapan yang tidak menyenangkan. Bedakanlah antara 'suatu kondisi dimana sesuatu itu memiliki standard yang dibawah rata-rata dari sebuah konteks', dengan kondisi 'bodoh'.

Stupidity alias kebodohan, implies that the attributed party is not mentally retarded but rather is willfully ignorant and/or unintelligent and displays poor of judgement and insensitivity to nuances.

Kesimpulannya: Bodoh adalah sesuatu yang dilakukan karena pembodohan.

7 comments:

Anonymous said...

curhat yah ini?!?? :P

Maylaffayza said...

ha..ha..ya ini tulisan aja:) Just giving an idea:)

Anonymous said...

Bodoh adalah sesuatu yang dilakukan karena pembodohan. ---> D'oh? ini adalah statement terbodoh yang pernah aku baca. maap ya :))))

Anonymous said...

Kebodohan adalah alam pikiran diakibatkan ketidaksadaran (Unbeing). Penyebabnya adalah ketidak ingatan akan Tuhannya (Al Khaliq).Thx.

Anonymous said...

Kebodohan adalah alam pikiran diakibatkan ketidaksadaran (Unbeing). Penyebabnya adalah ketidak ingatan akan Tuhannya (Al Khaliq).Thx.

WURYANANO said...

Sekarang malah ada buku-buku yang mengajarkan bagaimana belajar bodoh. Misalnya, Belajar Goblok dari Bob Sadino...eh..laris juga ya.

Kapan konser di Surabaya nih?
Salam,
Wuryanano
http://wuryanano.wordpress.com/

Muhammad Laba said...

Saya setuju dengan pendapat soal bodoh. Jika Habibie tida bisa bahasa Urdu lalu bisa dikatakan bodoh? Atau Habibie tidak tau cara buat sagu Ambon lalu bisa dikatakan ia bodoh? Jadi ignorance itu kata yang tepat.

Well this morning I read in Bobo agazine and found out your address, so I am trying to know you more.

I am interested with what you said, something like reading is candle in the dark.

I am doing this in my under deveopped island Alor Island, NTT Indonesia.

What I do is setting trend for society there to read. Some people are keen in reading but nothing to read, and ofcourse no money to buy things to read.

Salam kenal saja, saya mulai tertarik dengan ketertarikan ibu, saya harap bisa berbagi pengalaman dengan saya.
Muhammad Laba
Alor NTT